Rabu, 15 Juni 2011

Membuat Kandang Ayam

Kini informasi peternakan ayam akan membantu anda, bagai mana memelihara ayam dan membuat kandang ayam yang sederhana, tapi dengan cara ini kita bisa meng-eksplore kepada bentuk skala besar tentunya, akan tetapi kita lebih baik belajar dan berawal dari hal yang kecil dulu.... seperti dalam contoh sebelumnya, kita membuat contoh hanya dengan total ayam sebanyak 75 samapi 100 ekor, praktek ini bisa di terapkan dalam memelihara ayam kampung , atau memelihara ayam broiler, semua teknik dasarnya pasti sama.. hanya mungkin dalam manajemen saja yang berbeda.

cara membuat kandang ayam tidak lah sulit, sebagai contoh, bagai mana saya cara membuat kandang ayam yang se-sederhana mungkin, dengan modal yang sederhana juga tentunya, akan tetapi kandang ini sudah saya terapkan 10 tahun yang silam (ketika saya memelihara ayam kampung ...di indonesia)

Kita lihat gambar di bawah ini.
membuat kandang ayam


gambar indukan yang di buat dari kayu
Di bawah ini adalah gambar update terbaru... untuk mempermudah memahami gambar yang sebelumnya.


Gambar di atas terlihat ada berbagai keterangan dasar, coba perhatikan tulisan jelek saya :)
  • Ram kawat yang alas nya berwarna hitam
  • dinding papan yang di buat rapat. kotak yg berwarna putih
  • skets yang dapat di lepas yang berwarna merah.

Keterangan gambar:
  • Dinding yang terbuat dari papan, di pergunakan untuk malam hari saja.
  • Dan yang di batasi dengan sket yang dapat di lepas, lihat gambar. adalah kandang kotak yang di buat dengan kawat ram.
  • Kandang yang di buat dinding nya dari kawat ram, di pergunakan untuk siang hari.. 
  • Skets pemisah sebaiknya di buat dengan papan atau teriplek saja, dan ketika membuka dan menutup.. harus dapat di buat dengan cara menarik papan skets tersebut ke atas... buat saja ya seperti itu.

Kenapa harus di buat dengan memakai kandang papan dan kawat??
Tujuannya adalah, ketika malam hari DOC membutuhkan suhu yang hangat, dan suhu yang hangat tersebut akan lebih baik jika ayam berada dalam kandang yang bisa tertutup..

Kenapa tidak di buat dari seng??
Karena jika terbuat dari seng, suhu seng yang di hasilkan dari suhu sekitarnya akan mempengaruhi suhu ayam, karena seng akan menghasilkan suhu yang dingin bila di banding kan dengan papan, papan tidak akan merubah suhu pada malam hari, kondisi suhu akan tetap seadanya.

Kenapa siang hari harus di simpan di kawat Ram??
Karena jika siang hari di simpan pada kotak papan tersebut, maka ayam akan mengalami suhu yang panas, itu tidak baik untuk kesehatan anak ayam atau DOC.

Apa keuntungan jika siang di simpan pada kotak ram??
Keuntungan nya adalah, ayam akan lebih menghirup udara pada siang hari, dan mendapatkan sinar matahari yang akan embantu pertumbuhan ayam tersebut, dan jika ayam tidak terkena sinar matahari langsung, maka kita harus membuat kandang , dan meracik makanan yang khas untuk closing house atau akdang tertutup, untuk membuat kandang yang khusus di buat dengan systerm closing house tidak lah gampang dan tidak murah.. jadi harus menyediakan modal yang besar,... untuk itu lebih baik kita menerapkan teknik yang sederhana ini.

Sampai kapan ayam di pelihara pada kotak indukan seperti ini?
Untuk memelihara anak ayam / DOC di dalam kandang ini, tidak harus lama, misalnya kita hanya memelihara ayam sampai umur 2 minggu saja, dan jika ayam semakin beranjak besar, maka tempatkan lah ayam pada kandang yang lebih besar lagi tentunya, pemeliharaan intensip seperti ini, boleh membantu kematian pada tahap awal, bila untuk ayam kampung, kaedah ini sangat berfungsi dengan baik. dan apabila anak ayam di peliara dengan cara alami (di asuh oelh induk ayam) dan dengan makanan seadanya , induk ayam akan mengajak anak2 nya menoreh sampah di tempat kotor, dan tempat kotor ini sangat tidak baik untuk kesehatan anak ayam.
maka teknik memelihara anak ayam pada kotak indukan ini sangat berfungsi dan saya juga berhasil.

Jam berapa saya harus menjemur anak ayam di dalam kotak indukan tersebut??
Sebaiknya menjemur anak ayam di dalam induka tersebut tidak harus lama, kita mbutuhan 1 jam samapi 1.5 jam, waktu yang baik adalah jam 9 pagi sampai jam 10 pagi, jangan menjemur ayam pada sore hari.

Pada ayam umur berapa hari saya harus mulai mejemur ayam dalam indukan tersebut?
ada boleh mulai menjemur jika anak ayam sudah berumur 3 hari

Bagai mana cara perawatan nya, agar kandang ini bersih dari penyakit?
Untuk perawatan, kandang ini kan tidak besar, jadi pada pagi hari, sebaiknya kandang ini di jemur, untuk mendapatkan sinar matahari, sementara ayam akan di pindahkan ke kandang dengan dinding kawat ram (lihat gambar) dengan membuka sket pemisah, maka ayam akan lari dan pindah ke kotak ram tersebut.
setelah ayam pindah semua, maka kita ada waktu untuk membersihkan kandang ayam yang  tertutup, coba bersihkan dengan cara membuang kotoran dan mungkin makanan yang pada jatuh di alas kotak tersebut..

Jika makanan jatuh pada kotak tersebut, sebaiknya harus segera di buang, karena kalau makanan jatuh dan membusuk, akan menghasilkan jamur, dan makanan yang sudah menjamur, tidak baik untuk di konsumsi oleh anak ayam. maka dengan bersungguh2 ada niat di hati untuk memelihara ayam dengan baik,

Dalam arti baik dari segi teknik, segi disiplin pada diri sendiri, disiplin pada diri sendiri akan lebih baik dari modal apapun, karena jika sudah tidak di siplin pada diri sendiri, ayam akan tidak ter urus, seperti ayam lambat memberi makan, atau ayam kehabisan air minum, atau kandang ayam kotor... dan hal lain-lain.

Pada malam hari, bagai mana ayam telihat dengan suhu yang cukup?
Kita bisa melihat dari suhu yang di butuhkan, jika ayam sudah cukup hangat, maka ayam akan diam dan tidur dengan nyenyak, coba anda perhatikan pada malam hari, sebagai contoh baca sebelum nya di sini kita menggunakan lampu tempel sebagai bahan pemanas, nah jika ayam sudah terbiasa tidur dengan lampu tempel yang hangat, maka jika anda lupa menyala kan lampu tersebut, anak ayam akan berteriak-teriak dan tidak mau tidur, karena anak ayam merasa ada yang kurang... tidak percaya??? coba anda buktikan sendiri.. :)

Bagai mana cara penyimpanan lampu tempel di kandang tersebut?
Untuk penyimpanan pamu tempel, anda harus menyimpan dengan se-hati hati mungkin, buat lampu agar tidak terjatuh karena terdorong ayam, buat dudukan ayng kuat dalam kandang tersebut,


Untuk penyimpanan tidak sembarangan, perhatikan keternangan di bawah ini:
  • Lampu tempel di simpan di dalam kandang indukan di bagian tengah
  • Buat lubang pada bagian atas kotak indukan tersebut, yang fungsinya untuk mengeluarkan ujung kaca lampu keluar.
  • dan lampu tempel sebagai pemanas tersebut, kita simpan di bawah lubang yang di buat tadi , 
  • Jadi asap yang di hasilkan dari lampu tempel tersebut keluar dari kandang ayam
  • Posisi ujung lampu tempel tersebut harus lepas keluar kira-kira 5 cm dari lubang (yg kita buat di bagian atas kotak indukan)
  • Jika lubang kaca tersebut kurang panjang, maka berusaha lah supaya ujung lampu bagian atas yang mengeluarkan asap harus keluar, dengan cara menyambung dengan menggunakan pipa yang ukuran nya lebiih besar dari ujung lampu tersebut, kalau orang sunda ujung lampu tersebut biasa di panggil dengan sebutan song-song , 
  • jika suhu ayam kurang panas, maka tinggla putar saja agak cahaya lampu bertambah, dan kalau cahaya lampu bertambah maka suhu di dalam kandang juga akan bertambah tentunya, perhatikan ayam jangan sampai membuka mulut karena kepanasan ketika anak ayam ini tidur.
  • saya yakin anda sudah faham bagai mana penyimpanan lampu sebagai bahan pemanas kotak indukan ini.

Teknikal Tambahan untuk membuat kandang ayam
Untuk membari makanan pada kotak tersebut, sebaiknya jangan terlalu memberi makanan yang banyak ketika mereka tidur, berikan secukupnya saja, dan lebih baik memberikan makanan pada pad=gi hari ketika mereka berada pada kotak yang di buat dari kawat ram tersebut

Untuk anak ayam yang berumur 0-6 minggu (jika anda memelihara ayam telur dan ayam kampung), setiap 1 meter persegi, sebaiknya di pergunakan untuk paling banyak 20 ekor ayam,

Panduan untuk suhu yang di perlukan selama anak ayam membutuhkan suhu yang ideal dengan menggunakan kotak kutuk sebagai indukan ini:
  • anak ayam  atau DOC yang berumur 1 minggu panas yang di perlukan 32 sampai 35 derajat celcius, atau maksimal 95 derajat F. masih menggunakan pemanas sebagai indukan
  • Anak ayam atau DOC yang berumur 2 minggu , panas yang di perlukan 30 sampai 32 derajat celcius, atau maksimal 90 derajat F masih menggunakan pemanas sebagai indukan
  • anak ayam atau DOC yang berumur 3 minggu, panas yang di perlukan 29 sampai 30 derajat celcius. tidak memerlukan pemanas
  • Anak ayam atau doc yang berumur 4 minggu 26,6 derajat celcius. tidak memerlukan pemanas
Lanjutan artikel ini bisa anda lihat di sini [ cara memelihara DOC ]
Terimakasih semoga bisa membantu.
sumber : http://www.muksin.com/2010/04/membuat-kandang-ayam.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar