Rabu, 01 Juni 2011

Proposal Hidup (3)


Setelah membaca Proposal Hidup (1) dan Proposal Hidup (2) saya berharap Anda sudah menemukan kekuatan dan kelebihan Anda. Selain itu, saya harap Anda juga sudah menemukan apa prestasi terbaik yang akan Anda torehkan dimuka bumi. Jangan lupa, tentukan pula target tahunan Anda. Bila perlu tuliskan di halaman web saya ini..
Sekarang saatnya menuju langkah ketiga dalam membuat Proposal Hidup: Tentukanlah expertise apa yang ingin Anda kuasai.  Expert adalah orang yang paling ahli di bidangnya. Contohnya, kalau saya sebut siapa ahli pesawat? Habibie pasti salah satu nama yang disebut. Kalau saya sebut basket? Pasti nama Michael Jordan juga muncul. Mengapa? Karena, mereka adalah ahli di bidangnya masing-masing.
Bagaimana caranya menjadi seorang expert? Awali dengan menemukan keahlian dengan mengajukan pertanyaan: “Untuk  mewujudkan impian saya, keahlian apa yang harus saya kuasai? Apakah dengan keahlian itu, saya sangat yakin impian saya dapat tercapai?”
Atau dengan cara menuliskan pekerjaan atau aktivitas yang Anda cintai. Tulis pula pekerjaan atau aktifitas yang benar-benar ingin Anda kuasai. Lalu, temukanlah pekerjaan atau aktivitas yang Anda cintai sekaligus Anda ingin kuasai.
Mulai hari ini, fokuslah pada hal itu dan jadikan mengasah expertise yang sudah dipilih menjadi prioritas dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Agar mempunyai dorongan yang kuat untuk terus berlatih meningkatkan expertise, pastikan expertise Anda menghasilkan sesuatu dan memberi manfaat kepada banyak orang. Selain terus berlatih, Anda juga harus mencari komunitas yang mendukung peningkatan expertise Anda.
Setiap hari saya melatih kemampuan saya memberikan training melalui berbagai metode khususnya story telling. Mengapa? Karena memang saya ingin menjadi trainer yang sangat ahli di bidang itu.
Selain itu, saya juga ingin ahli dalam melahirkan orang-orang berbakat. Saya mendirikan Indonesia Inspiring Movement sebagai suatu wadah melahirkan trainer-trainer berkelas. Saya jadikan kegiatan ini sebagai prioritas dalam aktifitas sehari-hari.
Saya juga mendirikan Pesantren Wirausaha sebagai upaya melahirkan para wirausaha muda di Indonesia. Sejak tahun 2000, program ini sudah saya jalankan. Semua aktivitas itu mengarah pada satu keahlian bagi saya, yaitu Inspirator SuksesMulia. Apa maknanya? menginspirasi jutaan orang melalui training dan kaderisasi untuk mewujudkan kehidupan terbaik: SuksesMulia.
Nah pertanyaanya sekarang, Anda ingin ahli dalam bidang apa? Atau dengan kata lain, Anda ingin dikenal sebagai ahli apa? Ayo, tuliskanlah segera.
Salam SuksesMulia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar