Kamis, 22 September 2011

Bisnis Apa yang Tak Lekang Oleh Waktu

Tulisan di bawah adalah copy-paste dari Twitter saya. Saya pikir sayang kalau tidak dikumpulkan karena bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan.
Enjoy….
———–
Mumpung lg nganggur di rumah. Mau ikut meramaikan spt Pak ah. Topiknya apa ya? Ada usul?
Topik menarik RT : : biz yg tak lekang o/ waktu??
Oke, saya akan sharing ttg bisnis tak lekang oleh waktu. Tapi ini versi saya lho ya…
Bisnis yg tak lekang oleh waktu adl bisnis yg melayani kebutuhan dasar orang banyak, spt sandang, pangan, kesehatan, pendidikan, energi
Contohnya makanan, mana mungkin jenuh selagi orang masih punya perut. Pakaian pasti dicari selagi org butuh penutup tubuh, dst
Cuma, makanan spt apa yg dicari mayoritas orang, pakaian spt apa yg disuka mayoritas, itulah pertanyaan ketika akan memulai bisnisnya
Pakaian spt apa yg disuka mayoritas org Indonesia? Pergilah ke Tnh Abang. Di sana tercermin apa yg dibeli org se-Indonesia
Makanan yg disuka org Indonesia itu yg plg banyak dijual di mana2, spt bakso, bakmi, sate, nasgor, ayam, nasi padang. Gak ada matinya
Di Pasar Keb Lama, berderet penjual bakso, tapi gak ada yg bangkrut krn persaingan, krn bakso banyak penggemarnya
Makanan, pakaian, adl contoh bisnis long tail. Pemainnya banyak, tapi skalanya kecil-menengah
Bisnis yg tak lekang waktu/sustainable biasanya adl bisnis yang simple. Ingat, Warren Buffett suka investasi di bisnis yg simple
Saya suka invest di bisnis yg bisa dioperasikan oleh orang tdk berpendidikan sekali pun, demikan kata Buffett
Bisnis yg sederhana itu mudah diduplikasi, disistemasi, bisa ditinggal oleh pemiliknya
Kalau tdk pinter2 amat, hindari bisnis yg membuat pemiliknya mikir terus, terlibat terus. Kt memiliki bisnis, bukan bisnis yg memiliki kita
Bisnis hi-tek itu bagus, tapi tdk cocok utk semua orang. HP mau menjual unit PC-nya, krn kalah bersaing. Padahal HP kurang hebat apanya
Pertanyaan mendasar: bagaimana saya bs melayani 5.000 pelanggan sama dgn cara melayani 100 pelanggan?
Bisnis yg paling sederhana, tapi potensi cashflownya tinggi adl: berdagang
Nabi sejak dulu menyerukan utk kuasai pasar, kuasai pasar, kuasai pasar. Artinya, kuasai perdagangan
Setelah pasar dikuasai, barulah di-leverage ke atas dgn mulai memproduksi sendiri dan seterusnya
Indonesia ini pasarnya luas. 10 thn ke depan adl golden era kt Pak CT. Pertanyaannya, siapa yg nanti menguasai pasar ini? Harusnya kita!
Bisnis yg tak lekang waktu itu adl bisnis yg cashflownya kencang, besar dan positif
Titik persamaan semua bisnis adl di cashflow. Spt teh botol, apa pun bisnisnya, yg penting adl cashflow
Pengalaman saya, saya sering “mengalahkan” perusahaan besar krn sy menang di cashflow. CF is king!
Ke depan, seiring naiknya disposable income org Indonesia, bisnis2 sekunder akan naik. Istilah kerennya bisnis2 lifestyle. Pak CT sdh duluan
Yg bakal laris: mobil, properti, traveling, wellness, sekolah mahal, resto, mall, hiburan dan juga spiritual, krn banyak org stress jg :)
Udah dulu kali ya. Trm ksh sdh menyimak. Share jika sekiranya bermanfaat utk follower anda

Sumber : bisnis selamanya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar