Senin, 04 Juli 2011

Ayam Goreng Bumbu Kuning

Ayam goreng kuning adalah salah satu makanan yang sering ditemui banyak orang karena hampir setiap orang bisa dengan mudah mengolah daging ayam ini dengan bumbu yang salah satunya kunyit. Masakan ini lazim ditemui mulai dari meja makan di rumah sederhana, warung makan kelas kaki lima, bahkan sampai dengan restoran fine dining terkemuka dengan racikan bumbu yang memiliki ciri khas masing-masing, namun tetap memiliki tampilan warna reltif sama : kuning. Menu yang satu ini akan lebih lezat bila disantap dengan lalapan sayuran dan sambal terasi khas sunda.
adalah sebagai berikut :
Bahan
Banyak cara mengolah Ayam Goreng Kuning,
  • 1 kg ayam uth, potong2 sesuai selera
  • 2 cm kunyit
  • 8 butir kemiri
  • 2 cm jahe
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sdt ketumbar
  • garam
  • air
  • minyak untuk menggoreng
Cara membuat
  1. Haluskan kunyit, bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, ketumbar hingga halus.
  2. Rebus ayam yang telah di potong2 bersama dengan bumbu yang telah di haluskan. Tambahkan garam. aduk rata.
  3. Masak hingga ayam empuk dan air menyerap.
  4. Panaskan minyak. Masukan ayam kedalam minyak yang telah dipanaskan. goreng hingga ayam berwarna kecoklatan.
  5. Hidangkan.

Ada perbedaan antara memasak ayam goreng bumbu kuning menggunakan ayam broiler dengan menggunakan ayam kampung atau ayam pejantan. Karena daging ayam kampung atau ayam pejantan tidak memiliki banyak air dan lemak, maka tambahkan lebih banyak air pada proses pemasakan untuk daging ayam matan sempurna. Jangan lupa untuk menggunakan api kecil/sedang selama merebus, supaya bumbu yang telah diracik tak sia-sia larut dalam air saja, tetapi dapat meresap sampai ke dalam tulang.
Di Ayam Goreng Fatmawati, ayam pejantan sebagai standar ayam yang digunakan untuk mengolah ayam goreng kuning, direbus dengan racikan bumbu dari rempah asli Indonesia antara lain kunyit, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, ketumbar, gula putih, dan garam, sehingga tercipta cita rasa yang lezat yang meresap sampai ke tulang ayamnya. Penggunaan penguat rasa/MSG tidak dilakukan dalam mengolah ayam goreng kuning di Ayam Goreng Fatmawati, sehingga rasa nikmatnya tidak meninggalkan dahaga yang luar biasa seperti pada umumnya setelah kita mencicipi masakan yang mengandung MSG.
Ayam dihidangkan setelah digoreng terlebih dahulu hingga menimbulkan aroma yang khas dan dapat menggugah selera untuk mencicipinya.

sumber : http://myfatmawati.wordpress.com/2009/03/18/nikmatnya-ayam-goreng-bumbu-kuning/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar